Thursday, 6 July 2017

Cara Mendaftar, Registrasi dan Verval SIM PKB Untuk UKG 2017

Mardiyas.com - Semangat pagi para pendidik di Indonesia. Kabar gembira bagi guru yang belum pernah mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru). Hal ini terkait dengan adanya kelanjutan program P4TK yaitu tentang pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Bagi guru yang sudah mengikuti UKG 2015 dan mengikuti Program Guru Pembelajar ditahun 2016 maka tinggal melakukan login dan simpan data untuk melakukan verifikasi. Dengan begitu maka guru tersebut sudah masuk dalam program PKB (Degnan catatan ketua MGMP atau KKG sudah mendaftarkan diri sebagai komunitas ke Cabang Dinas Kab./Kota).

Cara Cepat Mendaftar, Registrasi dan Verval SIM PKB Untuk UKG 2017


Lalau bagaimana bagi yang belum pernah mengikuti UKG dan tidak memiliki nomor UKG  yang merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti SIM PKB? Bagi guru yang belum memiliki Nomor UKG dan ingin melakukan Registrasi dan Verval SIM PKB sudah disediakan vasililtas oleh P4TK melalui situs Guru Pembelajar sama seperti guru yang sudah UKG.

Namun perlu diketahui untuk mendapatkan nomor UKG bagi yang belum punya, pastikan data diri Anda telah masuk dalam data GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Jika tidak maka Anda otomatis tidak tercatat dan tidak memiliki nomor UKG. Bagi guru yang sudah UKG maka nomor UKG akan diawali dengan angka 2015, sedangkan bagi yang baru nomor UKG akan diawalin dengan angka 2016.

Sekilas tentang SIM PKB - PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) adalah program yang mempunyai tujuan umum yaitu untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengembangkan keterampilan instruksional yang dimiliki oleh seorang guru. Selain itu juga untuk mengembangkan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampunya. SIM PKB merupakan alat penghasil informasi untuk mengelola data dan sebagai pusat pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Bagi guru yang belum UKG dan ingin mengikuti UKG 2017 serta melakukan registrasi dan verval SIM PKB 2017, silahkan simak tata caranya sebagai berikut ini:


1. Silahkan login ke alamat situs SIM PKB: www.paspor.simpkb.id

2. Setelah masuk pada tampilan awal situs web SIM PKB silahkan ikuti langkah-langkah sesuai gambar di bawah ini:


A. Klik Registrasi Akun.
B. Klik Cari No UKG. (Ini bisa juga untuk melakukan cek No. UKG bagi yang lupa nomor UKG)
Pada bagian ini Anda diminta untuk memasukkan data Nama, Propinsi dan Kabupaten/Kota. Jika tidak terdaftar pada info GTK maka akan tampil data yang tidak ditemukan, seperti tampak pada gambar di bawah ini:

C. Setelah data ditemukan silahkan klik Nomor UKG yang tampak (2016********).
D. Pada tahap ini No. UKG akan langsung tampil. Dan yang harus dilakukan adalah memilih tanggal lahir melalui kotak yang sudah disediakan. Jika sudah silahkan klik Register.
E. Langkah terakhir adalah mennekan tombol Setuju.
Jika Anda sudah pernah melakukan registrasi maka akan tampil peringatan bahwa Akun anda sudah pernah diaktifkan. Jika merasa belum, silahkan hubungi pihak admin dinas pendidikan setempat.

2. Setelah Menekan tombol setuju maka langkah selanjutnya adalah mencetak Surat Pengajuan Perubahan Data PTK yang ditandangani oleh Guru dan Kepala Sekolah untuk dikirim ke Dinas Pendidikan Setempat. Surat tersebut berisi tentang Perihal Ajuan Edit Mapel & Satmikal.


3. Jika sudah mendapat persetujuan dari Dinas Pendidikan dan mendapatkan Surat Pemberitahuan Akun untuk login ke SIM PKB seperti pada poin 1.


Demikian informasi Cara Mendaftar, Registrasi dan Verval Sistem Manajemen PKB yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan jayalah Guru Indonesia. Untuk lebih lengkapnya terkait Registrasi dan Verval SIM PKB silahkan Download Panduan Registrasi dan Verval SIM PKB 2017 pada link download di bawah ini:


loading...

11 komentar

bagamana dengan mereka yg belum memiliki nomor ukg walaupun sudah terinput dalam dapodik

Segera melapor ke dinas setempat pak, sudah masuk dapodik belum tentu masuk masuk info GTK, karena beda database pak. nah NO. UKG itu didapat apabila sudah masuk dalam info GTK.

klo sekarang tidak ikut ukg 2017,, apakah masih bisa ikut ukg untuk tahun depan ??

iya bu, ditunggu saja infonya karena rangkaian kegiatan ukg saat ini (2017) sedang memasuki tahap in1-on-in2.

untuk guru yang belum mendapatkan nmor UKG bisa kah untuk di usulkan sekarang ??

Terima Kasih atas petunjukanya pak, sangat membantu

Saya sudah memenuhu sarat ppg 2018 tapi tidak dapat undangang

Coba mengajukan kembali melalui aplikasi pengaduan yang ada di laman dasbor akun SIM PKB

Saya sudah melapor ke dinas setempat, tapi mereka bilang pusat yg mengeluarkanya. Saya harus bgaimana lagi

sama.gmn caranya p;ak admin

CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan , saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb..


EmoticonEmoticon