Tuesday, 8 August 2017

5 Langkah Mudah Cetak Kartu Anggota POKJA SIM PKB

Mardiyas.com - Kartu Anggota POKJA (Kelompok Kerja) SIM PKB digunakan sebagai tanda sah keanggotaan dari sebuah komunitas MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Bagi guru-guru yang telah terdaftar di komunitas SIM PKB alangkah baiknya untuk mencetak Kartu POKJA SIM PKB. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mencetak Kartu POKJA SIM PKB.




Ada satu hal atau syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan pencetakan Kartu POKJA SIM PKB yaitu ukuran file foto yang harus diunggah terlebih dahulu pada Akun SIM PKB. Ukuran yang diijinka adalah 250x250 pixel atau kapasitas file 100Kb. Berikut adalah cara mudah untuk mengedit atau merubah ukuran file foto.

Dalam hal ini kita gunakan aplikasi bawaan dari Microsoft Office saja, karena saya yakin disemua komputer atau laptop kebanyakan sudah terinstall Microsoft Office. Kita gunakan Microsoft Office Picture Manager untuk melakukan edit foto. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan klik kanan pada file foto yang akan diubah, kemudian pilih Open with dan klik Microsoft Office Picture Manager.
2. Setelah masuk pada aplikasi Microsoft Office Picture Manager silahkan klik Edit Pictures.
3. Pada bagian task pane silahkan pilih Crop (Kita diminta untuk membuat ukuran persegi 250x250px sedangkan ukuran foto biasanya persegi panjang).
4. Silahkan geser pelan-pelan pada bagian atas dan samping sehingga membentuk ukuran persegi dan fokus pada close up wajah kita. Setelah mendapatkan ukuran baru yang sesuai dan persegi silahkan klik tombol OK.
5. Langkah selanjutnya silahkan kembali klik Edit Pictures seperti pada langkah ke 2. Kemudian klik Resize pada task pane.
6. Sulahkan isi dengan ukuran 250 pada Custome Width and Height. Kemudian klik OK.
7. Hasil resize akan tampak lebih kecil dari ukuran sebelumnya.
8. Setelah yakin dengan hasil crop n resize maka silahkan klik File - Save As pada bagian kiri atas. Simpan dengan nama baru agar file foto yang lama tidak tertindih.

Bagi kita yang sudah memiliki ukuran foto yang sesuai yaitu 250x250px atau kapasitas foto di bawah 100Kb maka untuk mencetak Kartu Anggota POKJA SIM PKB sudah bisa dilakukan. Silahkan login menggunakan akun SIM PKB, setelah login silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:


1. Silahkan klik tombol Cetak Kartu Anggota pada bagian Komunitas Anda.
2. Pada bagian Profil klik lambang pensil untuk merubah foto.
3. Pada laman Ubah Foto silahkan klik tombol File (Silahkan cari lokasi foto yang sudah siap diunggah).
4. Jika sudah selelasai memasukkan file foto silahkan klik tombol Simpan.
5. Maka pada bagian profil akan tampak foto yang tadi disimpan. Untuk mecetak Kartu Pokja SIM PKB silah klik lambang Printer pada bagian Data Komunitas. File PDF akan terunduh otomatis dengan nama KARTU POKJA - NAMA AKUN SIM PKB.


Print file pdf yang berisi Kartu POKJA SIM PKB, kemudian gunting sesuai petunjuk, Lipat dan simpan dengan baik.

Demikian Tata Cara Langkah Mudah Cetak Kartu Anggota POKJA SIM PKB yang dapat kami uraikan. Semoga kiranya dapat membantu. Terimakasih. Hidup dan Jayalah Pendidikan Indonesia.

loading...


EmoticonEmoticon