Tuesday, 29 August 2017

Cara Cepat Cek Status NUPTK Aktif

Mardiyas.com - Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) yang merupakan salah satu unit kerja di bawah naungan Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). PDSPK ini yang bertanggungjawab terhadap pengolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.


Keberadaan NUPTK sangat penting bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK). Ibaratnya seorang pengendara sepeda motor, NUPTK adalah SIMnya. Karena NUPTK merupakan Nomor Induk bagi seorang guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai degnan surat Direktur Jenderal GTK sebagai nomor identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkata mutu guru dan tenaga kependidikan.

Bagi guru dan tenaga kependidikan yang sudah memiliki NUPTK sekiranya untuk melakukan cek dan ricek apakah NUPTK yang bersangkutan masih dalam keadaan NUPTK Aktif atau tidak. Nonaktifkan NUPTK bisa terjadi apabila terjadi kelalaian Operator Sekolah atau Operator Dapodik untuk melakukan verifikasi dan validasi (verval) GTK.


1. Silahkan Logik ke gtk.data.kemendikbud.go.id/Data/Status. Silahkan inputkan Nomor NUPTK yang akan di cek.


2. Maka data info NUPTK akan tampak seperti gambar di bawah ini:


3. Jika status NUPTK Non aktif segera konfirmasi pada Operator sekolah.

Demikian informasi cara cepat cek status NUPTK Aktif yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan jayalah pendidikan Indonesia.
loading...


EmoticonEmoticon