Saturday, 23 September 2017

Ini Dia Web Copas Munculnya Berita Hoax Terkait Perkiraan Jadwal UNBK 2018

Mardiyas.com - Ini Dia Web Copas Penyebar Berita Hoax Terkait Perkiraan Jadwal UNBK 2018. Tanggal 21 September 2017 penulis yang tergabung dalam group WhatsUp UNBK NASIONAL JATIM dikejutkan dengan ramainya anggota group yang mengomentari adanya kiriman terkait dengan informasi perkiraan jadwal penting UNBK 2018. Yang jika dilihat isinya adalah sama persis dengan artikel yang ada di mardiyas.com dengan judul "Jadwal Penting UNBK 2017, Simulasi, UNBK Utama dan Pengolahan UNBK".


Berita begitu cepatnya menyebar melalui media sosial. Oleh sebab itu penulis segera melakukan penelusuran terkait berita hoax tersebut. Setelah penulis melakukan penelusuran pada google.com ternyata benar ada satu artikel dari evaluasi.id muncul tepat di bawah artikel mardiyas.com berdasarkan urutan pencarian google. Kemudian penulis buka dan ternyata isinya benar sama persis dan hanya diganti tahunnya saja. 2017 diganti 2018.

Ketika penulis melakukan penelusuran di google menggunakan kata kunci "Jadwal Penting UNBK 2018, Simulasi, UNBK Utama dan Pengolahan UNBK" maka akan tampak hasil pencarian seperti berikut gambar di bawah ini:


Judul asli "Jadwal Penting UNBK 2017, Simulasi, UNBK Utama dan Pengolahan UNBK" dirubah menjadi "Perkiraan Jadwal Penting UNBK 2018, Simulasi, UNBK Utama dan Pengolahan UNBK". Ditambah kata Perkiraan dan tahun 2017 diganti 2018.

Ini pemilik www.evaluasi.id sepertinya gak mau repot-repot nulis artikel beken (hehehe.red). Buktinya meski pada artikel aslinya terjadi kesalahan kata, ternyata di artikel hasil copas (Copy-Paste) di evaluasi.id juga tidak dirubah. Contohnya setelah paragraph pertama di www.mardiyas.com terjadi kesalahan ketik pada kalimat "Berikut kami Rangkung Jadwal Penting UNBK dari Puspendik". Rangkung maksudnya disini adalah Rangkum. Perhatikan pada gambar di bawah ini:

Artikel mardiyas.com
artikel hasil copas evaluasi.id
Lebih aneh lagi yaitu perbedaan jadwal yang terjadi di BALI karena adanya perayaan hari besar keagamaan sehingga jadwal UNBK 2017 diundur. Sedangkan di NTT jadwal UNBK 2017 maju. Nah ditanggal yang disebutkan di web evaluasi.id karena hasil copas tadi, jika di tanggal 3-6 April 2018 ada perayaan agama itupun belum tentu bersamaan dengan jadwal UNBK 2018. Masak jadwal UNBK 2018 yang resmi belum keluar sudah memberi catatan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:

artikel mardiyas.com

artikel copas di evaluasi.id
Karena berita hoax ini sudah menyebar se antero Indonesia maka Puspendik mengeluarkan pengumuman melalui laman resmi UNBK di http://ubk.kemdikbud.go.id pada tanggal 21 September 2017 pukul 22.15.53 WIB seperti tampak pada gambar di bawah ini:


Itulah sedikit ulasan mengenai berita Hoax yang terdapat di web www.evaluasi.id yang menyebabkan gempar dikalangan proktor dan teknisi UNBK seluruh Indonesia. Dan penulis yakin para Kepala Sekolah di satuan pendidikan pun sudah banyak yang membaca berita hoax ini terkait perkiraan jadwal UNBK 2018 ini.

Kami hanya mencoba untuk mengklarifikasi yang mungkin maksud sebenarnya tujuan penulis evaluasi.id adalah memberikan gambaran mengenai Perkiraan jadwal rangkaian Ujian Nasional 2018. Sepenuhnya bukanlah kesalah dari web evaluasi.id. Karena pembaca yang kurang sehat informasi telah melakukan share informasi tanpa dipelajari terlebih dahulu makna dan artikel yang ada.

Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pemilik web evaluasi.id atas ketidaknyamanannya dengan artikel yang kami posting ini. Karena kami sebagai Proktor UNBK merasa perlu untuk mengklarifikasi masalah berita hoax yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Kami juga memohon maaf atas nama BLOGGER INDONESIA kepada seluruh pihak yang merasa dirugikan karena adanya berita hoax ini.

Entah siapa yang menemukan berita tersebut di www.evaluasi.id lalu mengcopy jadwalnya dan membagikannya di media sosial tanpa mempelajari maksud dari artikel tersebut. Apa mau dikata berita sudah menyebar, namun Puspendik sudah dengan sigap memberi pengumuman di laman resmi UNBK. Sehingga penulis berharap para proktor dan teknisi yang sudah menerima berita hoax tersebut tidak lagi membicarakannya, karena dilaman resmi UNBK Puspendik telah memberikan pengumuman informasi yang benar.

Kami himbau kepada para pembaca artikel di web maupun blog agar membaca artikel dengan keseluruhan dan bukan sepotong-potong kemudian langsung dishare ke media sosial (medsos). Cari dahulu kebenaran informasinya sebelum share. Akan banyak yang dirugikan hanya karena ketidaktahuan kita. Kata guru BK "Tidak Sehat Informasi".

Kami telah menulis artikel terkait jadwal awal kegiatan UNBK 2018 yang telah dikeluarkan oleh Puspendik melalui web resmi UNBK di www.ubk.kemdikbud.go.id. Anda bisa memperoleh informasinya di artikel kami mengenai Pengumuman Rencana dan Jadwal Simulasi 1 UNBK 2018 dari Puspendik

Mari Kita Sukseskan UNBK 2018. Semangat Bapak Ibu Proktor Teknisi UNBK Se Indonesia. Anak-anak bangsa berada dipundakmu. Go UNBK 2018
loading...


EmoticonEmoticon