Sunday, 3 September 2017

Pengumuman Penerimaan CPNS Kemendikbud September 2017

Mardiyas.com - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 sudah mulai dibuka oleh pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Setelah penerimaan CPNS di Kementrian Hukum dan HAM (Kumham) dan Mahkamah Agung ditutup. Kali ini BKN akan segera membuka penerimaan CPNS 2017 di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Berdasarkan informasi yang kami peroleh, penerimaan CPNS Kemendikbud ini diperuntukkan bagi pelamar Cumlaude/Pujian, Disabilitas, Putra Putri Papua dan Papua Barat, dan pelamar Umum. Dimana kriteria bagi pelamar CPNS dilingkungan Kemendikbud tersebut dijabarkan sebagai berikut :

  1. Cumlaude/Pujian adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude/pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/unggul dan Program Studi terakreditasi A/unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulu cumlaude/pujian pada ijazah atau transkrip nilai.
  2. Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas tuna daksa dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.
  3. Putra/putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMA/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau yang berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua (yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa).
  4. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana angka 1,2 dan 3.

Persyaratan Pelamaran
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 (delapan belas) tahun dan 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 15 September 2017.
  • Sehat jasmani, rohani, serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan NAPZA disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi. 
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun diluar lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politk praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rencana Penjadwalan Penerimaan CPNS 2017
  1. Pengumuman tentang penerimaan CPNS di portal nasional dan Kemendikbud : 31 Agustus s.d 14 September 2017.
  2. Pendaftaran CPNS Online melalui portal nasional : 11 s.d 25 September 2017.
  3. Pendaftaran melalui CPNS Online di portal Kemendikbud : 12 s.d 26 September 2017.
  4. Pengiriman berkas pelamar ke PO BOX : 12 s.d 27 September 2017. Terakhir Cap POS tanggal 27 Sepetember 2017 dengan terakhir pengambilan berkas pelamar di PO BOX oleh panitia tanggal 2 Oktober 2017. Bagi berkas yang sampai batas akhir pengambilan belum masuk PO BOX dinyatakan tidak memenuhi persyaratan administrasi.
  5. Seleksi Administrasi : 27 September s.d 4 Oktober 2017
  6. Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat Seleksi Kompetensi (SKD) : 9 Oktober 2017.
  7. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) : dimulai 14 Oktober 2017. Akhir penyelenggaraan SKD tergantung pada jumlah peserta.
  8. Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) : 27 Oktober 2017.
  9. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) : dimulai 4 November 2017. Akhir penyelenggaraan SKB tergantung pada jumlah peserta.
  10. Integrasi nilai SKD dan SKB : 13 s.d 18 November 2017.
  11. Pengumuman Final Kelulusan seleksi CPNS : 20 November 2017 (Minggu ke IV bulan November 2017)
  12. Pemberkasan : 1 s.d 20 Desember 2017.

Tata Cara Pendaftaran CPNS Kemendikbud 2017
  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kemendikbud.
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id dengan mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK atau Kepala Keluarga, alamat email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan. Selanjutnya pelamar wajib mencetak kartu informasi akun SSCN 2017.
  3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan dengan melengkapi biodata, memilih instansi, dan memilih jenis formasi sesuai instansi (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi. Selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi dan mencetak kartu Pendaftaran SSCN 2017.
  4. Pelamar melakukan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemendikbud dengan alamat https://cpns.kemendikbud.go.id dengan melakukan login aplikasi CPNS Online untuk melengkapi isian data pendaftaran onlinen dengan tahapan:
  • Mengisi formulir pendaftaran CPNS Online dan mencetak lembar formulir pendaftaran. Pelamar wajib memilih zona (wilyah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan.
  • Menyetujui pernyataan integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar.
  • Menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir, dan.
  • Melakukan upload pas foto dan mencetak kartu tanda peserta seleksi setelah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) administrasi.

Tahapan Seleksi (...1)

Seleksi Administrasi.

Seleksi administrasi dilaksanakan bagi pelamar yang telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran.

Berkas yang perlu dilengkapi:
  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melaui pimpinan unit kerja dibuat pada saat tanggal pendaftaran.
  2. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
  3. Asli hasil cetakan (print out) formulir pendaftaran CPNS  yang telah ditandatangani.
  4. Fotokopi ijazah/STTB dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang yaitu:
    a. Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Universitas/Institut, disahkan oleh Dekan/Pembantu Dekan 1.
    b. Untuk tingkat pendidikan S1 lulusan Sekolah Tinggi, disahkan oleh ketua /Pembantu Ketua 1.
    c. Untuk tingkat pendidikan Pasca Sarjana, disahkan oleh Direktur Program Pasca Sarjana.
    d. Untuk ijazah luar negeri, harus telah disertakan oleh Ditjen Dikti.
  5. Pasfoto ukuran 3x4 cm sebanyak 6 (enam) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pasfoto tersebut.
  6. Khusus untuk pelamar formasi Puta/Putri Papua dan Papua Barat, wajib melampirkan fotokopi ijazah SD, SMP, dan ijazah SMA yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau asli surat keterangan dari kelurahan/kepala desa yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak).
Berkas Dikirim Ke:
Panitia Seleksi CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
PO BOX 1112-JKP 10011

Untuk berkas pengumuman penerimaan CPNS Kemendikbud 2017 silahkan unduh pada tautan link dibawah ini:


loading...


EmoticonEmoticon