Sunday, 24 September 2017

Surat Kepala BKN Tentang Batas Usia Pensiun PNS Jabatan Fungsional

Mardiyas.com - Surat Kepala BKN Tentang Batas Usia Pensiun PNS Jabatan Fungsional. Tanggal 15 September 2017 Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia mengeluarkan Surat Kepala BKN Nomor K.26-30/V.105-2/99 perihal batas usia pensiun bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional.


Surat Kepala BKN ini ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Daerah. Berikut cuplikan isi dari Surat Kepala BKN tentang Batas Usia Pensiun bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional:

1. Berkenaan dengan telah ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dapat kami sampaikan bahwa dalam Pasal 239, Pasal 240, Pasal 354, dan Pasal 355 ditentukan bahwa:

a. PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun diberhentikan dengan hormat sebagai PNS.
b. Batas Usia Pensiun sebagaimana dimaksud pada huruf a yaitu:
  1. 58 (lima puluh delapan) tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan;
  2. 60 (enam puluh) tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya;
  3. 65 (enam puluh lima) tahun bagi PNS yang mengaku pejabat fungsional ahli utama.
c. Batas Usia Pensiun bagi PNS yang menduduki JF yang ditentukan dalam undang-undang, berlaku ketentuan sesuai dengan Batas Usia Pensiun yang ditetapkan dalam undang-undang yang bersangkutan.
d. PNS yang berusia di atas 60 (enam puluh) tahun dan sedang menduduki JF ahli madya, yang sebelum Peraturan Pemerintahan ini mulai berlaku Batas Usia Pensiunnya ditetapkan 65 (enam puluh lima) tahun, Batas Usia Pensiunnya tetap 65 (enam puluh lima) tahun.
e. PNS yang berusia di atas 58 (lima puluh delapan) tahun dan sedang menduduki JF ahli pertama, JF ahli muda, dan JF penyelia, yang sebelum Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku Batas Usia Pensiunnya ditetapkan 60 (enam puluh) tahun, Batas Usia Pensiunnya tetap 60 (enam puluh) tahun.

Dalam Surat Kepala BKN tersebut terdapat 6 (enam) point penjelasan terkait Batas Usia Pensiun. Lebih lengkapnya silahkan unduh Surat Kepala BKN Tentang Batas Usia Pensiun PNS yang menduduki Jabatan Fungsional pada tautan link download di bawah ini:



loading...


EmoticonEmoticon