Wednesday, 7 March 2018

Diperpanjang 31 Maret 2018 Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG 2018 Melalui Akun SIM PKB


Mardiyas.com - Pengumuman Pendaftaran Calon Peserta PPG Melalui Akun SIM PKB. Kembali pemerintah memberdayakan Aplikasi SIM PKB untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan keguruan. Sebelumnya pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan mengumumkan terkait penerbitan SKTP melalui akun SIM PKB. Kali ini pengumuman Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2018 juga melalui akun SIM PKB. Setelah periode pertama PPG 2018 yang dilaksanakan pada bulan November 2017, Dirjen GTK kembali mengundang para guru untuk mengikuti PPG 2018 periode kedua.

Kemendikbud melalui Dirjen GTK telah mengumumkan terkait PPG 2018 melalui akun SIM PKB. Dirjen GTK mengundang Guru calon PPG melalui akun SIM PKB. Tidak semua Guru yang belum sertifikasi mendapatkan mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG 2018. Pendaftaran akan berakhir pada tanggal 2 Maret 2018 dan diperpanjang hingga 31 Maret 2018 (Surat Perpanjangan Waktu Pendaftaran pretest calon peserta PPG dalam jabatan dapat diunduh di akhir artikel). Pendataan calon peserta PPG dalam jabatan ini diprioritaskan untuk guru yang telah memenuhi persyaratan.

Rangkaian persiapan PPG 2018 sudah dilakukan GTK sejak November 2017 ini. Ada 500rb lebih guru yang terundang mengikuti Seleksi Calon Peserta PPG 2018 periode ke dua ini  berdasarkan data dapodik yang memenuhi syarat.

Syarat umum seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 yaitu:
  1. Belum memiliki Sertifikasi Pendidik
  2. Status Kepegawaian Guru (PNS/CPNS/Honor Daerah/GTY)
  3. TMT pengangkatan maksimal 2015
  4. Kualifikasi pendidikan wajib D4/S1
  5. Usia maksimal 58 tahun pada tahun 2018

Berdasarkan database Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (cut off 31 Juli 2017), Anda termasuk dalam daftar calon peserta program tersebut.

Tahapan seorang guru menjadi peserta seleksi PPG 2018 :
  1. Pemberitahuan di SIM-PKB, peserta mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan mengunggah Ijazah S1
  2. Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon peserta seleksi PPG 2018
  3. Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK)
  4. Jika lolos seleksi, baru GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
  5. Pendataan ini berakhir pada tanggal 2 Maret 2018. Tahapan yang ada di tahun 2018 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika tidak layak, menunggu pendataan kembali diperiode berikutnya.
|Baca Juga : Cuitan Peserta Pretest PPG 2018 Periode 1 Sepertinya Soalnya Sulit Banget Nih

POTENSI ADUAN KE ULT KEMDIKBUD

Karena data diambil di Dapodik, maka ada potensi aduan bagi guru yang merasa memenuhi syarat namun tidak terundang menjadi peserta seleksi PPG 2018. Petugas Layanan bisa mengarahkan pelapor untuk mengecek isian dapodik di ops sekolah untuk membandingkan isian dapodik di sekolah dengan persyaratan. Jika ada kesalahan, perbaiki di dapodik dan singkron (petugas Dapodik bisa menggunakan cara ini jika ada pengaduan yang masuk)

Saat ini GTK tengah menyiapkan aplikasi bagi guru yang tidak terundang untuk mengecek apa kekurangan yang mengakibatkan dirinya tidak terundang untuk selanjutnya diperbaiki di Dapodik sebelum tanggal 20 November 2017. Harapannya fitur pemeriksaan mandiri diatas bisa menekan pengaduan ke Jakarta. Jika ada yang datang menanyakan hal diatas, diarahkan ke fitur pengecekan mandiri. Untuk pengaduan bisa dilakukan melalui link yang terdapat pada dasbor akun SIM PKB.

Sebelum melakukan pelaporan alangkah baiknya dilakukan perbaikan dan sinkronisasi ulang data Dapodik terlebih dahulu sebelum tanggal 18 November 2017 lalu. Kemudian laporkan perbaikan dan sinkronisasi dimaksud ke http://gg.gg/form_aduan_simpkb 

Bagi guru yang mendapatkan undangan pendataan calon peserta PPG 2018 melalui akun SIM PKB pada dasbor akan muncul pengumuman undangan untuk mengikuti PPG 2018 seperti tampak pada gambar di bawah ini:


Pada undangan PPG 2018 yang tampak pada dasbor, Guru yang diundang mendapatkan ucapan selamat karena telah diundang menjadi calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jika berkenan silahkan klik MENDAFTAR, jika masih ragu-ragu klik NANTI SAJA. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak melakukan Pendaftaran maka tidak akan dimasukkan sebagai peserta program pendidikan profesi guru.

Jika Guru menyatakan MENDAFTAR maka dalam menu akun SIM PKB akan muncul menu Kelola Prog. Pendidikan Profesi Guru yang tampak seperti pada gambar di bawah ini:

Menu akun SIM PKB
Kelola Program Pendidikan Profesi Guru

Setelah melakukan upload berkas scan ijazah asli maka pada laman Kelola Prog. Pendidikan Profesi Guru inilah seluruh informasi terkait program PPG 2018 akan ditampilkan. Salah satunya saat ini adalah info mengenai pengajuan Guru untuk mendaftar sebagai peserta PPG 2018 telah disetujui. Guru yang telah menyatakan diri ikut program PPG 2018 diharapkan untuk sering-sering membukan akun SIM PKB agar tidak tertinggal informasi.

Kebenaran adanya Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan ini dibuktikan dengan adanya surat edaran dari Kemdikbud melalui Dirjen GTK tertanggal 15 Februari 2018 dengan perihal : Pendaftaran Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Bisa didownload pada bagian bawah artikel ini.

Berikut cuplikan isi surat edaran Kemdikbud melalui Dirjen GTK nomor : 4184/B4/65/2018:

Yth.
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
di Seluruh Indonesia

Dalam rangka pelaksanaan sertifikasi bagi guru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenga Kenpendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2018-2022. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami sampikan informasi terkait dengan persiapan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan sebagai berikut:

  1. Calon peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 dan sudah tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per tanggal 31 Juli 2017.
  2. Calon peserta wajib memenuhi persyaratan akademik dan administrasi. Persyaratan akademik yaitu memiliki nilai minimum yang diperoleh dari tes kemampuan akademik (pretes).
  3. Calon peserta wajib melakukan paendaftaran melalui situs http://simpkb.di dengan mengisi program studi PPG yang dipilih sesuai dengan ijasah S-1/D-IV.
  4. Verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk melihat kesesuaian antara program studi PPG yang dipilih dengan ijasah S-1/D-IV yang dimiliki.
  5. Calon peserta yang dinyatakan lolo verifikasi dan validasi ijasah S-1/DiV akan mengikuti pretest di tempat uji kompetensi (TUK) yang akan ditetapkan.
  6. Persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pretes calon peserta PPG Dalam Jabatan, dan daftar linieritas sebagaimana terlampir.
Selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi di atas kepada guru sesuai kewenangannya.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Link:
loading...

27 komentar

Kenapa tidak ada daftar Sastra Inggris di kolom Program studi?? Yg ada cuma Akuntansi. Mohon bantuannya.

Jika tidak ada maka dipilih tidak tersedia. Itu tidak jadi masalah karena pada scan ijazah sudah mewakili prodi yg ditempuh.

pak saya guru tk, tp saya mendapat undangan seperti yang di jelaslkan di atas dan saya juga sudah konsultasi dengan pihak di sini,,, tapi saya belum linier pak ijazah saya s1 b.inggris... dan saya sudah mendaftar kemudian balasanya anda sudah terdaftar.... selain di tk saya jg mengajar di pps setingkat smp pak... tp info terbaru yang saya dapatkan bahwa yang tidak linier maka tidak boleh mendaftar karena bisa di tolak permanen... jd apakah yang saya lakukan salah pak/ apakah demikian kebenaranya?
mohon solusinya.. trimakasih by triyanti

SAYA CEK DI SIM PKB NYA GA ADA PERANJANGAN SAMPAI DG 31 MARET. INI BERITA HOAX?

Tidak kok bu, tidak hoax. Silahkan sering-sering untuk di cek akun SIM PKBnya sebelum 31 Maret. Kemungkinan kemarin masih belum terupdate data SIM PKB oleh admin SIM PKB.

Kebenaran mengenai ditolak permanen karena tidak linier belum ada bu. Kemungkinan tidak ditolak permanen karena belum ada Surat Edaran terkait hal tersebut. Ya semoga saja kekhawatiran ibu triyanti tidak terjadi.

Saya terundang dalam ppg tersebut,, setelah saya klik pilihan universitas ternyata tidak ada,, gimana solusinya pak? Karena di ketik manual tidak bisa

Setelah upload ijazah silahkan pilih kembali pilihan universitas dan prodi dan silahkan pilih "Tidak Ditemukan"

Yang sudah sertifikasi juga kenapa disuruh ikut registrasi??

tolong bagaiman cara mencetak bukti pendaftaran maslahx sudah terdaftar tp belum cetak bukti

Sy mendapatkan undangan ppg setelah sy mendaftar ternyata jurusan PAI yg sesuai dg ijazah tidak ada, kemudian sy memilih PPKn krn selama 4 thn ini sy memegang bidang studi ini di SMA. Sebab sy pernah kuliah selama 4 thn di fak.Hukum Dan sy mendapatkan jawaban "DITOLAK PERMANEN" Sedih rasanya...Mohon solusi.x..

sya ngajar tik di smp,, ijazah sya D4 Desain komunikasi Visual...itu linier dgn seni budaya seharusnya,, tp knp tidak muncul pilihan seni budaya di bidang study pilihannya,, mohon solusinya

Tidak ada pilihan "tidak Tersedia" sementara harus diisi

DKV tidak linier dengan Ijazah Pendidikan Seni. Jika tidak ada pilihan silahkan pilih "tidak ditemukan" pada kolom prodi. terimakasih.

Knpa proses/loadingx lama ketika mendaftar..sy tunggu smpai 1 jam lebih msih dlm tahap proses. Mhon bntuanx krna pndftran tinggal 1 hri lgi batasx..

saya sudah mendaftar sbg calon peserta PPG dlm jabatan awal maret 2018. Bagaimana cara mengetahui pengajuan saya disetujui atau ditolak?

Login ke akun SIM PKB dan dibagian menu sebelah kiri atas silahkan pilih menu Kelola Program Pendidikan Profesi Guru. Disana akan ada informasi terkait PPG

Wah untuk yang satu ini maaf saya tidak bisa memberi solusi pak. karena pada aplikasi SIMPKB tidak disediakan fasilitas cetak bukti permanen setelah selesai mendaftar. Cetak bukti mendaftar hanya muncul sekali ketika diakhir proses mendaftar saat pertamakalinya. Sekali lagi maaf pak.

Solusi bagi guru honorer di SMK negeri bagaimana? 8 tahun saya mengajar d SMK swasta. Tahun ini ialah tahun ke 2 saya mengajar di SMK negeri. Administrasi saat upload aman. Hanya kami para honorer sekolah negeri pesismis mengingat ada teman kami lolos seleksi ppg 2018 tahap 1 namun mentok saat kelengkapan SK kepala dinas pendidikan dalam hal ini Kepala dinas pendidikan provinsi. Terimakasih

This comment has been removed by the author.

Apakah program ini hanya untuk guru saja pak?
Atau seorang fresh graduate sarjana pendidikan juga boleh mendaftar?

mohon maap...saya informasi telat,,,bagaiman untuk yang seperti saya,,masih ada kesempatan ppg..

Pak ! kalau telat mendaftar, karena pendaftran sudah ditutup, apakah akan ada lagi pendaftaran tahun 2018 atau 2019 ? terima kasih atas informasinya.

Alhamdulillah sekarang saya sudah jadi PNS berkat petunjuk halaman situs di google rahasia sukses jadi pns, di dalam blog tersebut terdapat nomor profil bpk DR HERMAN M.SI beliau selaku direktur aparatur sipil negara di BKN pusat nomor hp beliau 0853-2174-0123 beliau'lah yang telah membantu pemberkasan saya, sumpah demi allah ini kisah cerita saya yang sebener'nya dari saya winda marlina pegawai negeri sipil di SD negeri 007 sidoarjo jawa timur, semoga info testimoni saya bisa membantu anda dan semoga juga beliau masih bisa membantu kalian. Wass....

Alhamdulillah sekarang saya sudah jadi PNS berkat petunjuk halaman situs di google rahasia sukses jadi pns, di dalam blog tersebut terdapat nomor profil bpk DR HERMAN M.SI beliau selaku direktur aparatur sipil negara di BKN pusat nomor hp beliau 0853-2174-0123 beliau'lah yang telah membantu pemberkasan saya, sumpah demi allah ini kisah cerita saya yang sebener'nya dari saya winda marlina pegawai negeri sipil di SD negeri 007 sidoarjo jawa timur, semoga info testimoni saya bisa membantu anda dan semoga juga beliau masih bisa membantu kalian. Wass....

CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan , saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb..

Jika sudah mengikuti pre test PPG...pengumumanya kapan ya pak dan lewat apa???


EmoticonEmoticon