Thursday, 21 December 2017

UN 2018 Juga Terapkan Soal Essay Pada UNBK, Mau Tau?

Mardiyas.com - UN 2018 Juga Terapkan Soal Essay Pada UNBK. Wacana Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penerapan kembali soal essay pada Ujian Nasional ternyata bukan isapan jempol. Ini akan terbukti pada UN 2018 soal essay benar-benar akan diterapkan.


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan mulai tahun depan seluruh SMP dan SMA/SMK akan mendapatkan materi ujian nasional dua model soal. Pertama, model soal pilihan berganda. Kedua, model soal isian singkat.

"Sebenarnya model ini sudah dilakukan tahun ini tapi belum diterapkan menyeluruh. Nah, tahun depan suluruh SMP dan SMA/SMK akan menerima dua model soal tersebut," terang Totok, Sabtu (16/12) dikutip dari jpnn.com.

Dia mencontohkan soal isian singkat, seperti 4 + 2 =. Dengan model isian singkat trsebut diharapkan nalar siswa jalan dan tidak asal tebak.

Walaupun ada isian singkat, materi pilihan ganda tetap mendominasi yaitu 80 persen dari total soal.

Penambahan soal isian singkat menurut Totok bertujuan mengetahui tingkat pemahaman siswa. Ujicoba pertama adalah mata pelajaran Matematika.

"Jadi ini bentuknya isian pendek dan bukan esai. Kami belum yakin apakah siswa mampu mengetik jawaban yang terlalu panjang. Kalau soalnya model uraian, pastinya membutuhkan jawaban penjelasan yang panjang. Dan waktunya dikhawatirkan tidak akan cukup,” tuturnya.

Dia berharap cara ini menjadi langkah awal untuk membiasakan siswa mengetik jawaban dalam UN. Jika sudah terbiasa, tidak menutup kemungkinan di dalam pelaksanaan UN di tahun-tahun berikutnya akan menambahkan model soal esai.


Mulai tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan kebijakan baru untuk ujian nasional (UN). Pada UN mata pelajaran matematika, peserta UN akan diberikan soal yang harus diisi dengan isian singkat.

Jumlah butir soal untuk isian singkat tersebut sebesar 10 persen dari total soal, yakni empat butir soal.

“Ada empat soal. Dari 40 (soal) hanya empat (isian singkat). Kan UN itu 40 soal, jadi 10 persen isian singkat (matematika),” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Totok mengatakan, soal UN yang harus dijawab dengan isian singkat tersebut bertujuan agar siswa dibiasakan untuk mencari jawaban, sehingga tidak sekadar memilih. “Juga untuk menghindarkan kebiasaan siswa menjawab spekulatif,” katanya.

Menurut Totok, siswa tidak perlu khawatir menghadapi UN matematika dengan isian singkat, karena tingkat kesulitannya sama dengan soal yang disertai pilihan jawaban. Ia menuturkan, siswa yang sekolahnya melaksanakan UN dengan berbasis komputer (UNBK) akan mengerjakan isian singkat dengan tetap menggunakan komputer, bukan tertulis di kertas.

“Tetap scoring-nya pakai komputer. Soal ada di komputer, dan menjawabnya juga di komputer, diketik. Ilustrasinya, misalnya 1 ditambah 2, ketik (angka) 3,” tutur Totok.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Balitbang Kemendikbud telah menyiapkan aplikasi khusus untuk penilaian jawaban dengan isian singkat.

“Ini pertama kalinya. Jadi kami menyiapkan mesinnya juga tidak gampang. Kami melatih mesin aplikasi untuk isian singkat ini,” katanya.

Di kesempatan yang berbeda, Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Kiki Yuliati mengatakan, sejak bulan Agustus 2017 BSNP bekerja sama dengan Balitbang Kemendikbud telah menerbitkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018. 

Kisi-kisi yang telah diterbitkan itu mencakup untuk semua soal, sehingga bisa dijadikan sebagai soal dengan pilihan jawaban maupun isian singkat.

“Jadi dari satu kisi-kisi yang sama, kita memilah dan memilih mana yang bisa untuk pilihan ganda, mana yang bisa untuk isian singkat,” katanya beberapa waktu lalu di Jakarta. Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat diunduh di laman tautan link di bawah ini.


Namun sambil menunggu keputusan resmi dari kemdikbud mengenai soal essay pada UNBK 2018 maka kami sarankan untuk tetap fokus pada POS UN 2018. POS UN 2018 dapat diunduh pada tautan link berikut ini : POS Penyelenggaraan UN 2017/2018.

loading...


EmoticonEmoticon