Tuesday, 3 July 2018

Sabar! CPNS 2018 Masih Belum Resmi Diumumkan Pemerintah

Mardiyas.com - Isu panas akan dibukanya CPNS 2018 merebah di dunia media sosial (medsos). Bahkan di masyarakatpun sering terdengar di telinga, "Juli ini akan dibuka CPNS, kamu dah mempersiapkan". Menjadi PNS di negeri ini sangatlah favorit. Terutama di dunia pendidikan menjadi seorang guru PNS dirasakan lebih sejahtera dengan adanya tunjangan sertifikasi.


Tak pelak menjadi PNS adalah suatu status yang diidam-idamkan berjuta-juta masyarakat yang ada di Indonesia. Apalagi dalam dunia pendidikan khususnya lowongan PNS guru sangat dinanti-nanti karena sampai pada tahun 2025 akan terjadi pensiun besar-besaran PNS guru.

Masyarakat yang menunggu kabar kepastian jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) meminta respon Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya hingga saat ini belum ada kepastian tentang segala hal tentang tahapan penerimaan CPNS 2018.

Karena banyaknya desakan dan pertanyaan dari warganet, BKN melalui akun twitter resminya tersebut akhirnya menjawab rasa ingin tahu warganet yang menanyakan kabar penerimaan CPNS 2018.

"#SobatBKN, mimin sampaikan bahwa saat ini Pemerintah blm mengumumkan penerimaan #CPNS2018. Prediksi, jml formasi, syarat dll yg beredar selama ini tdk dpt dipertanggungjawabkan. Info yg mimin sampaikan pun bersifat generik. So, sabar ya. Orang sabar disayang Tuhan .....," cuit akun BKNgoid.


Jelang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (2018) yang tak lama lagi digelar, masyarakat diminta hati-hati terhadap hoax seputar penerimaan CPNS 2018 yang beredar oleh Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

"Waspada terhadap pihak mana pun yang mengklaim mendapatkan dukungan dari Kementerian PANRB dan seolah-olah dapat menghadirkan narasumber pejabat dari Kementerian PANRB dalam penyelenggaraaan seminar, pelatihan, bimbingan belajar, atau kegiatan sejenis lainnya," tegas Herman seperti dilansir di bangkapos.com.

Adapun informasi sementara yang disampaikan oleh BKN melalui akun twitternya hanyalah untuk tetap bersabar menunggu pengumuman resmi formasi yang akan dibuka oleh pemerintah, demikian juga untuk melakukan cross check ke laman resmi kemenpan.go.id.

Sejauh informasi ini ditulis (3 Juli 2018) situs resmi penerimaan CPNS sscn.bkn.go.id masih belum dibuka sampai pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh BKN.


Adapun informasi lain yang disampaikan oleh admin twitter BKN hanyalah sebatas informasi Ujian CPNS 2018 yang akan digelar yaitu terkait jumlah soal dan jenis soal CPNS 2018.

#SobatBKN, tiba saatnya mimin jelaskan ttg Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN. Peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit.

Terdapat 3 jenis tes dalam SKD CAT BKN, yaitu TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) 35 soal, TIU (Tes Intelegensia Umum) 30 soal, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 35 soal.


Melalui laman Twitter resmi BKN dikuti dari TribunJogja, ini penjelasan tiga tes yang akan dihadapi calon peserta penerimaan CPNS 2018 :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): menilai penguasaan pengetahuan & kemampuan implementasi nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI (sistem tata negara, sejarah perjuangan, peranan dalam regional maupun global, & kemampuan berbahasa Indonesia secara baik & benar).

2. Tes Intelegensia Umum (TIU): menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan (menyampaikan informasi secara lisan & tulis, numerik: operasi perhitungan angka & melihat hubungan angka, berpikir logis: penalaran secara runtut dan sistematis, & berpikir analitis: mengurai suatu permasalahan secara sistematik).

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP): menilai integritas diri, semangat prestasi, kreativitas & inovasi, orientasi pelayanan, kemampuan (adaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri & tuntas, kemauan & belajar berkelanjutan, bekerja sama dalam kelompok, & menggerakkan & mengkoordinir orang lain).

Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat luas agar tetap sabar menunggu info resmi tentang rekrutmen CPNS 2018 yang akan diumumkan oleh BKN dan MENPAN.

loading...


EmoticonEmoticon