Thursday, 6 September 2018

Jawa Timur Siapkan Tiga Ribu Komputer untuk Seleksi CPNS 2018

Mardiyas.com - Tiga ribu komputer disiapkan untuk seleksi CPNS 2018. Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk proses seleksi CPNS 2018. Penyermpurnaan portal utama pendaftaran CPNS di SSCN dan juga CAT sebagai aplikasi utama seleksi tes CPNS terus dilakukan, semua itu demi pelayanan dan kemudahan bagi calon pelamar seleksi CPNS 2018.


Ditengarai bahwa pada tahun ini adalah tahun perekrutan besar-besaran untuk formasi CPNS. Di Jawa Timur sendiri seluruh pemerintah daerah mengajukan tambahan PNS. Pemprov Jatim mengajukan 2.058 formasi ke BKN. Begitu juga 38 pemerintah Kabupaten/Kota di Jatim mengajukan tambahan PNS. Totalnya 18 ribu formasi seperti yang dilansir di koran Jawa Pos (Rabu, 5/9).

Tes Jawa Timur dilakukan di 5 Bakorwil - Tahap persiapan perekrutan CPNS wilayah Jawa Timur memasuki fase akhir. Pekan ini pemerintah pusat direncanakan menetapkan jatah formasi CPNS di setiap instansi di seluruh daerah yang mengusulkan pengisian. 

Portal sistem seleksi CPNS nasional SSCN juga sudah disiapkan. Bukan hanya itu, seluruh daerah penyelenggara seleksi juga telah menyiapkan fasilitas pelaksanaan seleksi. Tidak terkecuali di Jatim.

Pemprov Jatim telah memastikan seluruh persiapan seleksi CPNS sudah disiapkan. Bukan hanya lokasi yang bakal digunakan, melainkan juga perangkat yang dibutuhkan dalam fase finalisasi.

Untuk lokasi pelaksanaan seleksi misalnya, Pemprov telah menetapkan, tempat perhelatan tes bakal dibagi dua kategori. Yakni, kategori seleksi CPNS pemerintah kabupaten/kota serta seleksi CPNS yang dilakukan pemrov.

Untuk seleksi CPNS yang dilakukan pemkab/pemkot (di luar Surabaya Raya), tes dilangsungkan di lima bakorwil. Yakni Madiun, Bojonegoro, Malang, Pamekasan dan Jember. "Karena itu, satu lokasi digunakan untuk seleksi CPNS bebarapa daerah," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Anom Surahno.

Khusus di Surabaya, pemprov sudah menyiapkan tiga lokasi pelaksanaan tes. Selain seleksi CPNS Pemprov Jatim, penyaringan dilangsungkan pemerintah daerah di Surabaya Raya (Gresik-Sidoarjo-Surabaya).

"Untuk lokasinya, ada beberapa alternatif. Parameternya dicari tempat yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan," ungkapnya.

Disiapkan 3000 unit komputer - Selain lokasi, pemprov melalui BKD sudah meyiapkan peranti pelaksanaan tes yang berbasis Computer Assisted Test (CAT) dari BKN. Diproyeksikan, satu lokasi bakal disiapkan 300 unit komputer - server.

"Namun untuk kebutuhan total kami alokasikan sekitar 3 ribu unit," kata Anom.

Dalam tes CPNS kali ini, seluruh seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) yang menjadi materi tes CPNS selama ini akan dilakukan melalui seleksi berbasis CAT yang ditangani langsung oleh BKN selaku panitia seleksi nasioanal CPNS.

Dengan metode tersebut, meski tes dilaksanakan di setiap daerah, proses seleksi hingga penentuan hasil ditangani secara terpusat oleh BKN.

Sumber : Koran Jawa Pos 5/9  
loading...


EmoticonEmoticon