Monday, 15 October 2018

Hati-hati Hoax, Inilah Ciri-Ciri Jadwal UNBK 2018/2019 Telah Resmi Dirilis Puspendik

Mardiyas.com - Rangkaian jadwal kegiatan UNBK 2018/2019 memang belum secara resmi dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Puspendik. Namun yang terjadi dalam satu minggu ini, dunia pendidikan dibuat heboh dengan beredarnya rangkaian jadwal kegiatan UNBK 2019 mulai dari jadwal simulasi 1, 2, dan 3 bahkan jadwal UNBK Utama di internet dan media sosial. Sontak, hal ini membuat heboh para proktor sekolah dan Kepala Sekolah.


Klarifikasi tentang beredarnya berita jadwal UNBK 2018/2019 langsung dilakukan oleh Puspendik melalui web resmi UNBK di www.unbk.kemdikbud.go.id.

Memang tidak semua netter bisa mengakses informasi yang disampaikan oleh teman-teman Puspendik karena harus Login terlebih dahulu. Sedangkan yang punya hak Login adalah para proktor sekolah yang tergabung dalam sekolah yang mengikuti UNBK.

Agar para orang tua atau insan pendidikan juga mendapatkan info Klarifikasi dari Puspendik terkait jadwal UNBK 2018/2019 maka kami mencoba untuk share informasi tersebut.

Pada laman pengumuman di web unbk.kemdikbud.go.id dengan judul JADWAL UN 2019 tanggal 15-10-2018 pukul 09.27 oleh Puspendik telah diklarifikasi jika Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional 2019  masih dalam pembahasan di BSNP dan Kemendikbud.


"Sehubungan dengan beredarnya jadwal UN 2019 di medsos, dengan ini kami tegaskan bahwa Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional 2019 masih dalam pembahasan di BSNP dan Kemendikbud. Mohon tidak ikut menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya. Terimakasih atas kerjasamanya."

Demikianlah isi tulisan pesan Pengumuman yang dilayangkan oleh Puspendik melalui web resmi www.unbk.kemdikbud.go.id.

Ciri-ciri Jadwal UNBK Resmi Dirilis Puspendik - Nah bagi para netter atau pembaca berita tentang Ujian Nasional atau UNBK. Apabila ditemukan artikel atau berita tentang Jadwal Ujian Nasional maupun rangkaian Jadwal UNBK silahkan langsung melakukan cek dan ricek di web resmi UNBK di www.unbk.kemdikbud.go.id.

Meskipun tidak bisa login untuk dapat mengakses pengumuman-pengumuman yang disampaikan oleh Puspendik (karena semua pengumuman tidak untuk publik, ada yang hanya dikhusukan untuk para proktor sekolah.red) netter sekalian bisa memastikan dengan melihat judul pada web UNBK tersebut.

Jika pada judul web resmi UNBK masih menampilkan Tahun Pelajaran tahun yang lalu, maka sudah dapat dipastikan jadwal resmi Ujian Nasional belum dirilis oleh Puspendik. Perhatikan pada gambar di bawah ini.

Berdasarkan gambar screenshoot laman resmi UNKB per tanggal 15 Oktober 2018, judul laman web tersebut masih menunjukkan Tahun Pelajaran tahun lalu yaitu 2017/2018. Nah ini bisa dijadikan indikasi bahwa Puspendik maupun Kemendikbud belum merilis jadwal resmi Ujian Nasional 2018/2019.

Lalu mengapa muncul informasi HOAX? - Sebelumnya, sepatutnya kami mewakili para BLOGGER Indonesia mohon maaf yang sebesar-besarnya MOHON MAAF yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas ketidaknyamanan dan kebingungan atas info Jadwal Ujian Nasional yang muncul melalui blog-blog Indo.

Mungkin salah satu jawaban yang paling mengena dari pertanyaan di atas adalah mengejar traffic pengunjung.

Kami menghimbau kepada netter dan pembaca sekalian, untuk tidak dengan mudah melakukan copy paste lalu share informasi ke medsos tanpa membaca secara keseluruahan. Marilah kita menjadi gerbang utama filtering berita-berita hoax dengan membaca secara teliti dan mencari sumber aslinya.

Terkait dengan informasi jadwal Ujian Nasional para netter cukup mengakses web resmi www.unbk.kemdikbud.go.id dan www.kemdikbud.go.id/main/?lang=id.

Mardiyas.com juga akan berusaha untuk menginformasikan terkait dengan informasi-informasi seputar Ujian Nasional sesuai dengan sumber resminya termasuk dari Puspendik dan Kemendikbud.

Semoga ulasan yang kami berikan di atas dapat sedikit membantu mengenai informasi Jadwal UNBK yang sedang beredar di masyarakat luas.

Mari Kita Sukseskan UNBK 2019 - Jayalah Pendidikan Indonesia
loading...

3 komentar

Joss .. boleh di simak untuk para pelaksana pemula .. atau pelaksana senior yang masih sering gagal paham

Trims Pak, semoga artikel ini bisa membantu memberikan pencerahan agar tidak terjadi salah paham atau gagal paham. Sejatinya para proktor cukup percaya satu sumber yaitu web resmi UNBK di unbk.kemdikbud.go.id. Sedangkan non Proktor atau netter semoga bisa lebih bijak lagi dalam menyaring informasi sebelum share ke medsos.

Semoga dengan adanya informasi ini para netizen yang pada umummnya bukanlah proktor akan paham dan lebih komunikasi lagi dengan pihak sekolah mengenai jadwal ujian anak-anaknya yang sudah kelas XII.


EmoticonEmoticon