Friday, 12 October 2018

Kebijakan Ujian Nasional 2019 dan UNBK 2019

Mardiyas.com - Pelaksanaan Ujian Nasional bukan hanya sebagai bentuk tanggungjawab konstitusional, tetapi juga tanggungjawab moral. (Anies Baswedan, 2015). Ujian atau evaluasi bagi anak didik adalah bagian dari pendidikan. Maka hindarkan dan cega semua upaya yang mengarah pada ketidakjujuran, karena itu jelas akan mengingkari hakekat pendidikan. (Muhadjir Effendy, 2017).


Kalimat-kalimat di atas setidaknya telah mewakili arti dan makna serta tujuan diadakan Ujian Nasional. Dimana dalam Ujian Nasional sendiri akan tumbuh Pendidikan Karakter yang kuat. Dimana Anies Baswedan telah menegaskan bahwa Ujian Nasional adalah tanggung jawab moral dan diperkuat oleh pernyataan Muhadjir untuk menghindarkan Ujian Nasional dari upaya yang mengarah pada ketidakjujuran yang akan mengingkari hakekat pendidikan.

Kalimat-kalimat tersebut juga menjadi penghias materi Rapat Koordinasi Persiapan UNBK 2019 yang diadakan di Jakarta tanggal 8 Oktober 2018. Dimana pada Rakor Persiapan UNBK tersebut memiliki tiga agenda yaitu tentang kebijakan pendidikan berbasis standar, kebijakan ujian nasional dan tentang help desk. File berkas Rakor Persiapan UNBK 2019 tentang Kebijakan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2019 dapat di unduh di bagian akhir artikel ini.

Kali ini penulis akan membahas tentang kebijakan Ujian Nasional guna persiapan UNBK 2019. Dimana pada dasarnya untuk kebijakan dan cara kerja UNBK 2019 tidak jauh berbeda dengan UNBK 2018. Namun tetap ada sedikit perubahan guna untuk meningkatkan kualitas dari standar sebuah pendidikan. Salah satunya adalah soal-soal UNBK menggunakan soal-soal HOTS.

Adapun kebijakan Ujian Nasional 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan UN tahun 2018, perbedaan ada pada jadwal dan proyeksi peserta UN.

Moda Ujian yang digunakan SMP, SMA, SMK Sederajat mengutamakan UN Berbasis Komputer (UNBK) 100%. Sedangkan UU Berbasis Kertas-Pensil (UNKP) hanya digunakan pada kasus tertentu saja.

Selengkapnya silahkan download file Rakor Kebijakan UNBK 2019 pada tautan link dibawah ini:

loading...


EmoticonEmoticon