Friday, 18 January 2019

Pedoman Teknis - DOMNIS USBN SMA 2019 Provinsi Jawa Timur

Mardiyas.com - Pedoman Teknis Penyelenggaraan USBN-BKS (Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer dan Smartphone) Jenjang SMA Negeri dan Swasta Tahun Pelajaran 2018/2019 telah resmi dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur per tanggal 16 Januari 2019 dengan Nomor : 420/334/101.2/2019.


Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, BSNP telah menetapkan Prosedur Operasional Standar yang mengatur penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2018/2019. 

Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disingkat USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan bertujuan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari Sekolah, yang di dalamnya terdapat soal penghubung (Anchor Item) sebesar 20% - 25% dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Di tingkat nasional, USBN dilaksanakan dalam dua moda, yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (USBN-KP) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer dan Smartphone (USBN-BKS). Di Jawa Timur, pelaksanaan USBN hanya menggunakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer dan Smartphone (USBN-BKS).

Demi keberhasilan pelaksanaan USBN SMA Negeri dan Swasta ini, maka diperlukan Pedoman Teknis yang selanjutnya disebut Domnis agar pelaksanaan USBN dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien. Domnis pelaksanaan USBN ini dibuat sebagai acuan sesuai dengan ketentuanketentuan dalam peraturan yang berlaku.

Adapun tujuan penyusunan Domnis USBN-BKS SMA 2019 adalah:
  1. Memberikan pedoman kepada Kepala SMA Negeri dan Swasta sebagai penyelenggara USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 dan semua pihak yang terkait agar dalam melaksanakan tugasnya dapat mencapai hasil yang optimal, termasuk bagi Sekolah penyelenggara SKS.
  2. Menjadi pedoman penyelenggaraan USBN SMA Negeri dan Swasta Tahun Pelajaran 2018/2019 dan menyelesaikan permasalahan yang timbul berkaitan dengan penyelenggaraan USBN.
Pelaksanaan USBN-BKS SMA 2019 Utama akan dilaksanakan pada tanggal 4 (empat) sampai dengan 15 (lima belas) Maret 2019.

File berkas Domnis USBN SMA 2019 Provinsi Jawa Timur dapat di unduh melalui tautan link download di bawah ini.


loading...


EmoticonEmoticon