Thursday, 14 March 2019

Inilah Persyaratan Mendaftar Sekolah Kedinasan POLTEKIP dan POLTEKIM Kementrian Hukum dan HAM

Mardiyas.com - Sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah salah satu dari 8 Sekolah Ikatan Dinas yang di keluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (KemenPAN-RB) dibawah naungan Kementrian Hukum dan HAM.


Bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa sekolah kedinasan dan ingin jadi PNS ketika sudah lulus pendidikan POLTEKIP dan POLTEKIM bisa menjadi salah satu solusinya. Nah untuk itu alangkah baiknya kalian pahami persyaratan pendaftarannya terlebih dahulu. Agar kalian bisa mempersiapkannya sejak dini.

Syarat untuk Catar (Calon Taruna) - Para pelamar harus memenuhi beberapa persyaratan seperti nilai rata-rata yang terdapat dalam ijasah sekurang-kurangnya 7,0 (skala penilaian 1-10) bagi lulusan SLTA sederajat. Namun bagi pelamar yang berasal dari wilayah Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat diberikan afirmasi, nilai rata-rata dalam ijasah sekurang-kurangnya 6,2 (skala penilaian 1-10). Syarat lain ialah usia pada tanggal 1 April 2019 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.

Para pelamar pun diwajibkan memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria, sementara 158 cm bagi wanita, serta berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata dan/atau softlens, tidak tuli, dan tidak buta warna. Calon pendaftar pun bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan lmigrasi diseluruh Wilayah lndonesia.

Sebagai syarat agar dapat mengikuti seleksi, para pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui portal http://sscndikdin.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password. Langkah selanjutnya pelamar mencetak tanda bukti pendaftaran l, setelah mencetak tanda bukti pendaftaran I pelamar wajib melakukan pendaftaran ke-2 untuk mengisi biodata dan mengunggah berkas lamaran serta mencetak tanda bukti pendaftaran ll melalui http://catar.kemenkumham.go.id. Sementara bagi pelamar yang telah diangkat menjadi PNS Kementerian Hukum dan HAM melakukan pendaftaran, mengunggah berkas lamaran, dan mencetak tanda bukti pendaftaran II hanya melalui portal http://catar.kemenkumham.go.id.

Dijelaskan bahwa pelamar hanya boleh memilih satu pilihan Sekolah Kedinasan, apabila memilih lebih dari satu, maka pelamar tersebut secara otomatis dinyatakan gugur / tidak dapat mengikuti tahapan seleksi administrasi.

Syarat lain yang wajib diunggah pelamar kedalam format PDF dan JPG adalah 
  1. surat lamaran bermaterai Rp. 6000, ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM Rl di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bewarna hitam.
  2. KTP,
  3. Ijazah,
  4. Transkip nilai ijazah, 
  5. Nilai raport kelas XII,
  6. SKCK,
  7. Akte kelahiran,
  8. Surat keterangan berbadan sehat,
  9. Tidak buta warna dan tidak tuli dari dokter RS,
  10. Pasfoto berlatar belakang merah untuk POLTEKIP dan warna biru untuk POLTEKIM,
  11. Surat Keterangan belum pemah menikah yang ditandatangani oleh Lurah / Kepala Desa.


Para pelamar pun diwajibkan membuat surat pernyataan 6 point yang berisi tentang:
  1. kesanggupan mentaati perjanjian ikatan dinas,
  2. sanggup mengganti seluruh biaya selama mengikuti pendidikan apabila mengundurkan diri, 
  3. bersedia ditempatkan diseluruh lndonesia setelah menyelesaikan pendidikan,
  4. sanggup tidak menikah selama pendidikan,
  5. tidak terikat dengan instansi pemerintah lain/swasta, dan
  6. tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya ditandatangani dengan pena berwarna hitam, bermaterai Rp. 6000.
Oke, keterangan di atas adalah informasi awal syarat pendaftaran Sekolah Kedinasan POLTEKIP dan POLTEKIP bisa menjadikan gambaran bagi kalian yang berkeinginan mengikuti sekolah kedinasan dan lulus langsung PNS.



loading...


EmoticonEmoticon