Wednesday, 14 August 2019

Benarkah UTBK 2020 Dimajukan Bulan November-Desember 2019?

Mardiyas.com - Devina Widya Cahyani yang saat ini sedang duduk di kelas XII SMAN 4 Jember bersama temannya Violla mendatangi guru Bimbingan Konselingnya dengan sebuah pertanyaan. "Benarkah Bu jika UTBK tahun ini dimajukan bulan November atau Desember?".


Devina mengutarakan jika sudah beredar informasi di media sosial bahwa Kemenristekdikti menghendaki UTBK dimajukan di semester 5. Dia begitu khawatir jika memang UTBK 2020 dimajukan. Alasannya tidak cukup waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK karena ini sudah memasuki akhir bulan Agustus 2019.

Diyah Rini Susilowati selaku Guru BK dari Devina dan Violla menjelaskan bahwa info UTBK dimajukan bulan November atau Desember merupakan wacana atas usulan Menristekdikti Mohammad Nasir.

Diyah juga mengungkapkan bahwa jika memang UTBK 2020 maju di akhir 2019, maka akan ada perubahan pedoman teknis (domnis) SNMPTN terkait proses seleksinya. Karena SNMPTN menggunakan nilai rata-rata rapor 5 semester.

"Nah, jika UTBK 2020 maju di semester 5 maka bisa dipastikan SNMPTN hanya menggunakan nilair rata-rata rapor 4 semester. Ya kita tunggu juknisnya," kata Diyah menenangkan peserta didiknya.

Diyah juga menambahkan, mau tidak mau siswa kelas XII harus sudah mulai mempersiapkan belajar soal-soal UTBK untuk menghadapi kemungkinan majunya jadwa UTBK 2020.

Dikutip dari medcom.id, Mohamad Nasir mengusulkan agar penerimaan mahasiswa baru, utamanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dimajukan menjadi akhir 2019. Dengan begitu, pada awal 2020, para siswa diharapkan sudah mengetahui dirinya diterima di perguruan tinggi dan prodi tertentu.

“Kita ambil sekitar November-Desember. Jadi Januari sudah ada kepastian diterima perguruan tinggi di Indonesia, jadi siswa tinggal kejar Ujian Nasional (UN) mereka,” kata Nasir, Senin, 12 Agustus 2019.

Menteri Nasir mengatakan bahwa ujian masuk perguruan tinggi ini sudah diusulkan semenjak tahun 2017 lalu. Hingga akhirnya tahun ini akan dievaluasi penuh mulai dari SNMPTN dan SBMPTN, dan Bidikmisi.

“Agustus, September (perubahan jadwal UTBK) dirapatkan. Oktober disiapkan. Kalau jadwal SNMPTN masih akan dievaluasi dulu. Tapi mengingat inputnya dari sana semua, ada kemungkinan jadwal SNMPTN juga otomatis maju,” tuturnya.

Tentunya usulan Mohammad Nasir akan direspon oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terkait jadwal UTBK 2020 yang dimajukan pada akhir 2019.

LTMPT akan menggelar rapat dengan para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada akhir Agustus 2019. Salah satu agendanya adalah membahas usulan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang ingin memajukan jadwal penerimaan mahasiswa baru, utamanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020.

Wakil Ketua LTMPT, Joni Hermana mengakui bahwa Menristekdikti telah menyampaikan usulan memajukan jadwal penerimaan mahasiswa baru 2020 terutama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kepada pimpinan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). "Pak Menteri memang meminta kepada pimpinan Majelis Rektor PTN untuk dapat menerima mahasiswa baru lebih awal, bahkan sebelum mereka lulus," kata Joni, Selasa, 13 Agustus 2019.

Hal ini, kata Joni, untuk mengantisipasi calon-calon mahasiswa baru unggulan yang saat ini banyak diambil lebih dulu oleh perguruan tinggi di luar negeri. "Perguruan tinggi luar negeri ini melakukan perekrutan secara langsung ke sekolah-sekolah SMA (Sekolah Menengah Atas) di Indonesia," imbuh mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini.

Untuk itu, LTMPT tengah melakukan persiapan untuk merespons usulan tersebut, terutama melaksanakan UTBK lebih awal bagi siswa yang baru masuk semester lima," terangnya.

Meski begitu, ia belum sempat menyampaikan secara detail, karena masih harus melibatkan Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Usulan ini, kata Joni, akan dibahas lebih lanjut pada rapat akhir agustus 2019 mendatang.

“Belum ditentukan (detailnya) karena pelaksanaannya harus melibatkan PTN yang akan menjadi tempat pelaksanaan UTBK. Kami baru akan rapat dengan para rektor akhir Agustus ini,” kata Joni.

Nah, untuk kepastiannya kapan UTBK 2020 akan digelar kami sarankan agar tetap aktif mencari informasi yang akurat terkait pelaksanaan UTBK 2020, terutama dari portal sumber yang dapat dipercaya. Atau langsung saja ke portal web resmi UTBK dan Kemenristekdikti.
loading...


EmoticonEmoticon