Tuesday, 20 August 2019

Perhatikan! Hal-Hal Penyebab Gagal Lolos Tes AKPOL

Mardiyas.com - Akademi Kepolisian (AKPOL) adalah salah satu sekolah kedinasan yang menjadi pilihan favorit siswa SMA/MA/SMK. Selain lulus langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadi sosok Polisi adalah suatu kebanggaan tersendiri.


Namun, rasa-rasanya untuk bisa lolos tes AKPOL sangatlah dirasa sulit sekali oleh siswa. Selain pesaingnya yang banyak, tuntutan tesnya juga tinggi. Ya jelaslah seperti itu, karena negara tidak mau rugi untuk memiliki Polisi yang berkualitas.

Nah, bagi kalian yang ingin masuk AKPOL, maka setidaknya sejak duduk di bangku kelas X sudah mempersiapkan diri.

Namun persiapan diri yang sudah matang pun tidak menjadi jaminan lolos AKPOL, banyak kegagalan-kegagalan yang di sebabkan oleh faktor diri sendiri. Segalanya harus sempurna dipersiapkan.

Mari kita simak beberapa ulasan hal-hal menjadi penyebab gagal lolos Tes Akpol berikut ini:

Nilai akademik kurang berprestasi pada saat sekolah
Tentunya saat duduk di bangku SMA setidaknya kalian memilik prestasi dibidang akademik yaitu pada nilai rapor. Belajar giat adalah salah satu yang bisa kalian upayakan untuk memiliki nilai rata-rata rapor yang bagus.


Selain nilai akademik yang bagus di rapor kalian juga dituntut memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional yang bagus (rata-rata UN ditentukan menjelang pendaftararan Akpol tiap tahunnya).

Maka kalian tidak perlu khawatir, jika kalian rajin belajar saat sekolah pasti akan berprestasi baik pada nilai rapor dan nilai UN.

Nah, kebanyakan siswa menyepelekan hal ini. Tes Akpol yang dipersiapkan hanya fisiknya saja, padahal nilai akademik itu sangat penting untuk diterima dan bersaing dengan peserta lain.

Fisik kurang mumpuni
Negara tentunya menginginkan seorang taruna Akpol yang pintar dan memiliki kemampuan fisik yang prima. Jika hal ini tidak dipersiapkan jauh-jauh hari, maka ketahanan fisik kalian menjadi penyebab kegagalan masuk Akpol.


Kamu mesti rajin berolahraga. Sebagai gambaran, di Akpol kamu akan menjalani tes kemampuan berlari mengelilingi lapangan sepakbola dalam waktu 12 menit.

Kemudian tes pull up, push up, sit up dalam waktu 1 menit. Sebanyak-banyaknya kamu mesti bisa melakukannya.

Kemudian ada lari cepat dalam waktu 16 detik. Selama waktu itu kamu dihitung bisa berlari sejauh mana.

Dan juga renang. Kamu akan diminta renang sejauh 25 meter, yang terbaik tentu yang catatan waktunya paling baik.

Gagal tes psikologi
Salah satu komponen penentu lolos tes Akpol adalah keadaan psikologi kalian. Kalian akan menjalani tes psikologi yaitu kemampuan bekerjasama, leadership, lalu menangani dan mencari solusi sebuah persoalan atau kasus.


Untuk tes ini, psikolog ahli dari luar kepolisian dilibatkan. Peserta akan dipantau ketika dihadapkan pada suatu masalah.

Mereka yang ingin menang sendiri, egois, anak mami, dan tak bisa mandiri akan sulit melewati tes ini. Jadi, mulai sekarang belajarlah untuk menata diri dan membiasakan diri.

Gagal tes kesehatan
Kamu akan dilihat dari sisi kesehatan. Seorang taruna Akpol tak boleh memiliki mata minus, buta warna, sakit berat seperti sakit jantung dan yang lainnya. Tak boleh ambeien, kaki bengkok, serta gagap.


Nah, mulai sekarang kalian harus bisa menjaga kesehatan diri, anak-anak jaman sekarang sangat suka sekali makanan junk food. Jadi sebisanya kalian mengurangi makan makanan junk food.

Identik tidak jujur saat sekolah
Bagi kalian yang waktu sekolah suka tidak jujur atau curang dalam memperoleh nilai sudah saatnya untuk meninggalkannya. Jangan sampai kebiasaan tersebut menjadi karakter yang sudah mendarah daging pada diri kalian.


Jangan coba-coba menyuap, KKN, dan berlaku curang. Semua panitia seleksi, orangtua, dan siswa disumpah untuk berlaku jujur.

Sekali-kali kalian coba main curang akan langsung dicoret. Bahkan untuk tes lari saja ada run trecker  yang fungsinya untuk mencatat sejauh mana kamu berlari saat tes fisik. Jadi jujur adalah yang utama saat ikut tes Akpol ini.

Jadi, setelah kalian simak dan baca ulasan hal-hal penyebab kegagalan tes Akpol, setidaknya kalian sudah harus mempersiapkan diri minimal satu tahun sebelum pelaksanaan tes masuk Akpol.

Keep Studying and Keep Fighting Guys.
loading...
This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon