Resep Membuat Cilok Untuk Usaha Ala Kabupaten Jember

Mardiyas.com - Cilok merupakan salah satu jajanan favorit dikalangan anak-anak sekolah maupun mahasiswa. Namun orang-orang dewasa pun saat ini sudah menggandrungi jajanan sederhana ini. Di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri terhadap bahan dan rasa Cilok. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi resep membuat Cilok ala Kabupaten Jember.

Resep membuat pentol cilok untuk usaha

Jika Anda ke Kabupaten Jember, maka Anda akan menemukan penjual Cilok dimana-mana. Ciri khas dari Cilok di Jember adalah rasanya yang mirip dengan pentol bakso, ukurannya kecil-kecil. Dan menurut saya Cilok yang paling enak di Jember adalah Cilok Edy Bundaran DPR yang merupakan pelopor pedagang Cilok di Kabupaten Jember.

Jika Anda ingin memulai usaha Cilok atau sekedar untuk konsumsi pribadi di rumah, berikut adalah resep sederhanan untuk membuat Cilok Jember buatan Chef Etta.

Siapkan bahan-bahan berikut ini:
5 potong ayam filet
1/4 kg tepung tapioka
1 butir telor
8 buah bawang putih
Garam sekucupnya
Penyedap rasa secukupnya
Merica secukupnya
Air dingin (air es)
Air untuk merebus

Setelah bahan-bahan di atas sudah siap maka ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat pentol Cilok yang insyaaAllah nikmat rasanya.
  1. Giling ayam, telur, bawang putih, garam, penyedap rasa, merica menggunakan blender.
  2. Kalau sudah selesai digiling lalu masukka tepung tapioka kemudian tambah air es dingin dikit demi sedikit lalu aduk hingga lumer.
  3. Siapkan air hingga mendidih adonan yang sudah jadi dibentuk bulat-bulat kecil sebesar kelereng (jangan terlalu besar).
  4. Pentol yang sudah dibentuk bulat-bulat kemudian masukkan ke air mendidih tunggu sampai matang dan tiriskan.
Nah, pentol Cilok Ala Jember Anda sudah jadi, untuk menikmatinya dihidangkan dalam mangkuk kecil yang disiram dengan bumbu sausnya. Selamat menikmati


loading...


EmoticonEmoticon