5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk yang Paling Ampuh

Mardiyas.com - Siapa sih yang suka dengan kehadiran nyamuk disaat kita enak-enak istirahat. Hewan yang satu ini sangat menggangu dengan gigitan dan suaranya. Sisa gigitannya pun membuat gatal yang sangat menggangu istirahat tidur Anda.

inilah 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah Anda

Menurut WHO, nyamuk merupakan salah satu hewan dari kelas serangga paling mematikan di dunia. Kemampuannya dalam membawa dan menyebarkan penyakit ke manusia telah menyebabkan jutaan kematian.

Memang Anda bisa menyediakan obat nyamuk bakar maupun semprot. Namun Anda bisa menggunakan cara sehat sekaligus dapat menambah keindahan rumah Anda. 

5 (lima) tanaman berikut bisa dijadikan pertimbangan untuk mengusir nyamuk di rumah.
5. Marigold
Tanaman ini termasuk dalam kenikir-kenikiran dan termasuk tanaman herba dalam keluarga tanaman bunga matahari. Tanaman ini memiliki zat warna utama yang disebut Lutein.

inilah 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah Anda

Karotenoid yang terdapat dalam marigold adalah karotenoid yang berwarna kuning seperti karoten (alfa dan betakaroten) dan xantofil (lutein dan zeaxantin).

Bunga marigold mengandung karotenoid juga mengandung flavonoid, polifenol, yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Tempatkan pot Marigold di dekat titik masuk nyamuk, seperti pintu dan jendela, atau di dek atau balkon tempat Anda menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Marigold juga mencegah serangga yang memangsa tanaman tomat.

Tidak hanya membuat pemandangan rumah Anda lebih menarik, tetapi Marigold juga memiliki aroma berbeda yang dapat mengusir nyamuk.

4. Sereh / Citronella
Citronella adalah salah satu bahan yang paling umum dalam penolak serangga, karena aromanya yang kuat dapat membuat nyamuk pergi.

inilah 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah Anda

Tanaman ini termasuk kedalam golongan tanaman serai atau sereh. Rumput rumpun abadi ini dapat tumbuh 5 hingga 6 kaki, dan dapat ditanam di tanah atau disimpan dalam pot besar.

Tanaman sereh dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan daerah dengan drainase yang baik.

3. Catnip
Catnip mungkin akan menarik kucing-kucing untuk pergi ke halaman rumah Anda. Ramuan abadi yang disebut juga Catmint ini memiliki aroma mint yang dapat memberikan efek penenang untuk si kucing.

inilah 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah Anda

Aroma dari Catnip sendiri dapat mengusir nyamuk dari jarak dekat. Namun kadang kala orang-orang menggunakan Catnip untuk perlindungan penuh sebagai pagar rumah karena tanaman ini mudah tumbuh.

2. Lavender
Selain berbau harum, membantu relaksasi dan membuat tidur nyenyak, lavender mencegah nyamuk dan agar serangga tidak menyerbu pesta makan malam Anda Lavender dapat ditanam di pot yang ditempatkan di jendela, pintu, dan area lainnya.

inilah 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah Anda
Mempunyai tanaman hias lavender memang memiliki banyak manfaat. Tak hanya membuat tampilan rumah menjadi cantik, tapi bunga lavender juga ampuh mengusir nyamuk.

Karena memiliki banyak manfaat tanaman ini dianggap sebagai tanaman ajaib. Bunga Lavender kering juga dapat ditempatkan di lemari pakaian untuk mengusir ngengat.

Baca juga | Tanaman-tanaman ini mampu membersihkan bau dan racun rokok

1. Basil / Kemangi
Dilansir dari wikipedia Basil juga disebut kemangi, adalah ramuan kuliner dari keluarga Lamiaceae. Basil adalah tanaman asli daerah tropis dari Afrika tengah hingga Asia Tenggara. Ini adalah tanaman lembut, dan digunakan dalam masakan di seluruh dunia.

inilah 5 Tanaman Ini Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah Anda

Anda dapat menikmati hidangan yang lezat, dan sekaligus singkirkan nyamuk, dengan ramuan pengusir serangga ini. Kemangi adalah salah satu dari beberapa bumbu di mana Anda tidak perlu menghancurkan daun untuk mendapatkan manfaatnya.

Adapun Kemangi Lemon dan Kemangi Kayu manis adalah varietas terbaik untuk mencegah hama yang tidak diinginkan.

Nah itulah 5 tanaman yang bisa dijadikan pertimbangan untuk menjadi alternatif pengganti obat nyamuk. Selain menambah nuansa hijau dan segar di rumah Anda, tentunya sehat dan alami.

loading...


EmoticonEmoticon