KIP Kuliah Sebagai Pengganti Bidikmisi 2020 Masih Banyak yang Belum Siap

Mardiyas.com - Banyak orang tua saat ini dalam kebingungan untuk mempersiapkan pedidikan lanjut ke perguran tinggi anaknya terutama bagi keluarga kurang mampu. Santer isu yang beredar adalah Bidikmisi tidak ada lagi dan digantikan dengan KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar - Kuliah).

KIP Kuliah Pengganti Bidikmisi 2020 Masih Banyak yang Belum Siap

Sekilas tentang KIP Kuliah dilansir dari kompas edukasi, Dirjen Belmawa Prof. Ismunandar menyampaikan, salah satu perubahan penting dalam PMB 2020 adalah perubahan beasiswa perguruan tinggi dari Bidikmisi menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) dan Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik).

“Kita tetap mendukung calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, baik SNMPTN maupun SBMPTN. Asal memenuhi syarat, calon mahasiswa tersebut akan dibebaskan dari biaya kuliah dengan beasiswa KIP-K atau ADiK,” tegas Ismunandar.

Mengacu pada RAPBN 2020, peserta didik yang berhak memperolah KIP Kuliah harus sudah memiliki KIP sejak disekolah. Sehingga pada beasiswa KIP Kuliah sebagai pengganti Bidikmisi untuk mendapatkan beasiswa ini harus memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai syarat utama untuk bisa mendaftar menggantikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan.

Kenyataan yang ada saat ini banyak keluarga kurang mampu tidak memiliki KIP. Banyak permasalahan yang harus dibenahi mengenai kepemilikan KIP ini. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi, contoh salah satunya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang tata cara mendapatkan KIP karena kurangnya sosialisasi dari dinas terkait.

Atau fenomena yang sering kita temui di masyarakat, sudah dilakukan pendataan dan pengumpulan berkas namun KIP tidak kunjung datang. Kadang kala juga tidak tepat sasaran.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir dan risau tentang beasiswa KIP Kuliah ini. Pemerintah masih akan mengadakan pertemuan untuk membahas dan menetapkan pedoman beasiswa KIP Kuliah. Walaupun KIP menjadi persyaratan utama memperoleh KIP Kuliah, Sekjen Kemenristekdikti menyebutkan bahwa masih ada peluang memperoleh KIP Kuliah tanpa harus sebelumnya memiliki KIP.

Untuk memantau perkembangan tentang KIP Kuliah ini bisa tetap mengukuti blog mardiyas.com atau ke portal resmi http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ (web masih belum dibuka sampai saat ini).


loading...


EmoticonEmoticon