Cara Cek Daya Tampung Prodi Perguruan Tinggi SNBP 2024


Mardiyas.com - Mempersiapkan diri untuk menggapai cita-cita masa depan itu salah satu bagian terpenting dalam hidup kita ya Sob. Memang tidak ada yang tau seperti apa kesuksesan yang akan kita raih dimasa depan. Namun perlu sobat pahami bahwasannya kita harus menciptakan peluang yang sebesar-besarnya untuk meraih sukses karir masa depan.

Salah satunya Sob, setelah kalian memahami bakat dan minat untuk karir masa depan adalah melihat peluang untuk bisa lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dengan cara melihat daya tampung dan keketatan dalam prodi perguruan tinggi yang sobat tuju.

Oh ya Sob, SNBP yang merupakan salah satu seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi ini menggunakan rerata nilai semester satu sampai semester 5 tingkat SMA, SMK, MA seluruh mata pelajaran, dan hanya bisa diikuti oleh peserta eligible SNBP di sekolah masing-masing.

Untuk melakukan pengecekan daya tampung prodi perguruan tinggi SNBP dapat dilakukan melalui laman  website resmi SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) di snpmb.bppp.kemdikbud.go.id kemudian klik menu daftar PTN SNBP atau bisa langsung menuju pada laman daya tampung SNBP di sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Setelah sobat masuk pada Daftar PTN pada laman Daya Tampung sobat bisa searching universitas tujuan sobat dengan cara tekan Ctrl+F pada laptop atau jika menggunakan android klik titik tiga di kanan atas lalu pilih menu Cari di halaman.

Contoh sobat mencari prodi Teknik Mesin di Universitas Brawijaya, sobat bisa lihat gambar di bawah ini!


 Untuk melihat prodi dan daya tampung, sobat bisa klik tombol biru Lihat Prodi, akan tampil laman seperti di bawah ini,


Nah, setelah sobat cek dan menemukan prodi yang ingin sobat lihat peluang keketatannya sobat bisa klik nama prodi yang diinginkan. Dalam hal ini sobat ingin cek prodi Teknik Mesin, maka silahkan diklik nama prodi Teknik Mesin maka sobat akan melihat berapa jumlah peminat dan daya tampung tahun lalu serta prosentase keketatannya.


Setelah sobat mendapatkan info prodi yang sobat inginkan, maka bisa dibandingkan dengan prodi di universitas lain, kemudian sesuaikan dengan nilai rata-rata rapor 5 semester masing-masing mata pelajaran untuk melihat besar peluangnya diterima di prodi yang sobat inginkan.

Jangan lupa juga untuk konsultasi ke Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah ya Sob! Semoga sukses selalu untuk sobat pembaca mardiyas.com.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Daya Tampung Prodi Perguruan Tinggi SNBP 2024"