Cara Melihat Perguruan Tinggi atau Program Studi Penerima Beasiswa KIP Kuliah


Mardiyas.com - Hai Sobat pembaca mardiyas.com, kali saya akan membagikan informasi terkait bagaimana cara melihat perguran tinggi dan atau program studi yang menerima KIP Kuliah. Karena belum tentu semua prodi yang ada itu menyediakan kuota untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah loh.

Nah, informasi ini bisa sobat gunakan untuk mempersiapkan diri saat merancang rencana tujuan kuliah ke perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa KIP Kuliah. Berikut adalah cara untuk melihat perguruan tinggi dan prodi penerima beasiswa KIP Kuliah :

  1. Pertama-tama silahkan sobat masuk pada laman Cari Perguruan Tinggi/Program Studi Penerima KIP Kuliah pada situs resmi KIP Kuliah di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau klik tautan berikut ini di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/#profil, maka akan muncul laman seperti gambar di bawah ini :




  2. Kemudian silahkan sobat ketikkan nama perguruan tinggi atau nama prodi yang ingin sobat lihat ketersediaan KIP Kuliahnya. Bisa lihat gambar di bawah ini ya Sob! Saya contohkan saya ingin cek perguruan tinggi Universitas Jember.



    Semua program studi yang muncul maka, prodi tersebut memiliki kuota KIP Kuliah pada penerimaan mahasiswa baru di tahun akademik yang baru. Silahkan sobat klik Lihat Profil untuk melihat detail profil program studinya.

  3. Jika data universitas atau prodi yang sobat masukkan tidak ada maka akan muncul pesan "Tidak ditemukan data yang sesuai.
Gimana Sob? mudah kan untuk melihat atau mendeteksi apakah program studi perguruan tinggi yang sobat tuju nantinya menyediakan kuota KIP Kuliah atau tidak.

Tetap semangat merancang masa depan dan itu semua harus dipersiapkan ya Sob, semoga informasi di atas dapat membantu sobat calon penerima KIP Kuliah.

Sekilas KIP Kuliah

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu Pemerintah akan selalu berupaya untuk menjamin, bahwa anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memiliki prestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/ rentan miskin untuk membiayai pendidikan. Hal ini menjadi dasar komitmen pemerintah yang menempatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sebagai salah satu prioritas pembangunan. PIP Pendidikan Tinggi untuk mahasiswa diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.

Pada 2023, kebijakan KIP Kuliah Merdeka memasuki tahun ketiga. Harapannya, KIP Kuliah Merdeka makin berperan dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin yang berprestasi dari seluruh Indonesia untuk dapat kuliah pada berbagai program studi unggulan di kampuskampus terbaik di seluruh Indonesia. KIP Kuliah Merdeka juga diharapkan dapat terus membantu banyak mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.

Kemendikbudristek, melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan KIP Kuliah Merdeka. Pada 2023, Puslapdik kembali membuka kesempatan bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang merupakan mahasiswa baru di seluruh Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Perguruan Tinggi atau Program Studi Penerima Beasiswa KIP Kuliah"